BB Gemini VS Nokia E63 dari segi penggunaan

Ditulis oleh: -

Halo! Jumpa lagi di sesi ‘versus’. Kemarin Saya sudah mencoba membandingkanBlackberry Torch vs Blackberry Delta, kali ini Saya mencoba membandingkan antara Nokia E63 vs Blackberry Gemini. Kenapa? kemarin Saya sempat membaca status tweet seseorang yang menanyakan bagusan mana Nokia E5 vs BB Gemini? Nah, karena menurut Saya BB Gemini tidak bisa dibandingkan dengan E5, maka Saya memutuskan untuk membandingkan BB Gemini dengan E63 :)
Alasan kenapa Nokia E63 vs BB Gemini:
  • harga keduanya dalam satu range (Dibawah Rp 2juta)
  • fitur-fitur yang hampir setara
  • model yang sama
Berikut table perbandingan fitur utama Nokia E63 vs Blackberry Gemini:
Nokia E63Blackberry Gemini
OSSymbian 3rdBB OS 4.6
Layar16jt warna – 320x240pixel65.535 warna – 320x240pixel
JaringanGSM – 3G – WiFiGSM – WiFi
KeyboardFull QWERTY – DpadFull Qwerty – Trackpad
MemoriInternal  110Mb – MicroSD upto 8GbInternal 256Mb – MicroSD tersedia 256Mb
Kamera2Mp – LED Flash – Video2Mp – video
Baterai1500mAh1150mAh
HargaRp 1,5jutaRp 2juta
  • Kinerja
Saya sudah sering mencoba Nokia E63 & Blackberry Gemini. Pertama Saya lebih memilih D-Pad E63 daripada Trackpad Gemini. Kenapa? Menurut Saya, D-Pad lebih nyaman, kecil kemungkinan salah pilih menu. Kecepatan membuka aplikasi / pengoperasian aplikasi Saya lebih memilih BB Gemini. Nokia E63 agak terasa sedikit berat ketika membuka aplikasi jejaring sosial bawaan Nokia. Tapi terkadang BB Gemini mengalami lag saat membuka aplikasi. So? kinerja Saya beri poin 50:50 saja :D
  • Daya tahan baterai
Kalau dilihat dari tabel diatas, sebenarnya sudah bisa dilihat mana yang lebih tahan la,a. Namun mari kita bandingkan jika keduanya dipakai online terus menggunakan jaringan gprs (chat, push mail, FB, Twitter) E63 jauh lebih tahan lama. E63 cukup nge-charge 1x, gemini bisa 2-3x.
  • Fitur
Untuk kelengkapan, E63 lebih lengkap daripada Gemini. Jaringan 3G (guna banget buat browsing / streaming / download). LED Flash yang suka narsis atau foto di malam hari (walaupun tidak terlalu bagus, tapi cukup berguna).
  • Operating System
Yeah! Symbian 3rd is the winner. Bukan karena Saya pecinta Symbian, tapi fakta berbicara demikian. Aplikasi, trik untuk s60 3rd itu banyak sekali. Buat yang butuh office tapi suka utak atik / mempercanggih ponsel, E63 bisa jadi pilihan dibandingkan Gemini. Banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa jadi pilihan bila kamu tidak suka aplikasi bawaan dari Nokia. Keduanya sudah bisa diinstal aplikasi Nimbuzz loh ;)
  • Office
Keduanya sudah memiliki aplikasi office bawaan untuk membaca & edit file word,dll. Adobe reader (untuk membaca file .pdf) sudah tertanam di Nokia E63. Keduanya memilik fitur push mail. BB tentunya perlu berlangganan dahulu. Nokia E63 tidak perlu, cukup diatur melalui setting wizard saja.
So, dengan harga yang lebih murah, Saya jelas memilih Nokia E63 dengan fitur yang lebih lengkap. Dan juga Nokia E63 tidak serewel BB Gemini ;)
Bagaimana dengan kamu?


jangan lupa klik di sini http://www.bigextracash.com/aft/d35defa5.html

1 comments:

  1. The common cycle of Halotest is a gain of 18lbs and then a loss of 13lbs after the cycle which makes it fairly unpopular unless you are using it right before spring break.

    ReplyDelete

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner